Kawahara Parts

Motor Mati Mendadak! Jantungan Kali?

Sedang enak-enak geber, tiba-tiba motor mati mendadak. Begitu distarter seperti loss kompresi. Cirinya dielektrik starter atau diengkol ringan sekali. Seperti loss aja….

Ini seperti manusia yang kena serangan jantung. Pompa atau tekanan darah loss alias bocor... Kalau di motor pompaan seher jadinya ngelos karena bocor kompresi.
Kejadian seperti ini banyak dialami di motor baru. Selain motor bebek kebanyakan matic. Ada beberapa sebabnya.

Pertama, biasanya karena overheat. Kepanasan seher jadi memuai. Bikin got atau alur ring seher mengecil. Jadinya ring seher ngunci atau terjepit di gotnya.

Karena ring seher tidak bisa mengembang dan tidak bisa menutup celah antara boring dengan seher jadinya kompresi bocor. Bikin ngelos kompresi dan mesin tidak mau hidup.

Masalah seperti ini banyak dialami matic karena mesin tertutup cover bodi. Kebanyakan dialami pemakai Yamaha Mio, ya mungkin karena paling banyak pemakainya saat ini dibanding merek lain.

Cara paling mudah mengatasinya dibiarkan dulu. Tapi, sampai berapa lama bengong menunggu keajaiban? Cara paling mudah buka businya. Kemudian masukan oli mesin dari lubang busi. Kalau tidak ada yang baru boleh gunakan yang bekas. Secukupnya saja.

Kemudian pasang kembali businya dan slah motor beberapa kali. Kalau sudah hidup banyak asap dari knalpot. Biarkan saja sampai nanti juga asap hilang sendiri. Itu karena oli yang simasukkan ke dalam silinder terbakar.

Kedua, biasanya ngelos kompresi akibat klep tidak rapat. Kejadian seperti ini bisa karena kotoran dari kerak pembakaran yang nyangkut di sitting klep. Kebanyakan di klep buang. Bikin klep menganga dan bocorlah kompresi.

Solusinya harus servis besar sekalian sekir klep. Bongkar kepala silinder untuk membersihkan kerak di ruang bakar dan di kepala seher. Beres.

Content View Hits : 141408